Nama :
Leni Nur Azizah
Prodi/Semester/nim : PAI A / V (2014.17.01916)
Mata Kuliah : Pembelajaran Akidah Akhlaq
Dosen Pengampu : Hj. Yeni Fitriani, M.Pd.I
Hari/tanggal :
Kamis, 01 September 2016
Observasi
Pembelajaran Akidah Akhlaq di MA Madinatunnajah
Harjamukti
Kota Cirebon
A. Mengambil
data dengan cara mewawancarai guru Akidah Akhlaq kelas X, XI dan XII
1) Ketika
ibu menyampaikan materi pembelajaran Akidah Akhlaq ada tantangan atau tidak?
Jawaban
: Tidak ada tantangan yang berarti, karena semua materi pembelajaran dari kelas
X, XI dan kelas XII telah dikuasai dan difahami secara mendalam dari buku ajar
masing-masing kelas maupun sumber lain seperti kitab kuning.
2) Materi
apa yang paling berat untuk disampaikan dalam pembelajaran?
Jawaban
: Dalam menyampaikan materi memang sudah
dikuasai dengan baik, namun dalam materi kelas XII tentang Akhlak Tasawuf yang
mungkin sulit dipahami peserta didik.
3) Solusi
apa yang akan dilakukan untuk mempermudah penyampaian materi yang dianggap
sulit tersebut?
Jawaban
: Solusi untuk menindak lanjuti materi
yang sulit dipahami oleh peserta didik yaitu dengan memberikan tugas berupa
diskusi, prsentasi, maupun mencari sumber atau referensi lain selain dari yang
disampaikan saya dari buku dan kitab kuning.
B. Mengambil
data dengan cara mewawancarai siswa kelas X, XI dan XII
1) Apa
kesan adik selama belajar Akidah Akhlaq?
a) Kesan
pembelajaran jelas penyampaiannya dan mudah dipahami.
b) Kesannya
sangat jelas dalam penyampaiannya dan tegas sehingga pembelajaran selalu
berlansung dengan baik.
c) Kesannya
sangat mudah untuk dipahami dan tidak membosankan.
2) Bagaimana
cara pembelajaran yang disampaikan oleh guru Akidah Akhlaq?
a) Cara
pembelajaran masih seperti biasa, dengan guru menjelaskan melalui infocus
berupa powerpoint ditampilkan slide-slide karena masih tentang pengertian
Akidah dan Akhlaq, sehingga masih belum terlalu rumit.
b) Cara
pembelajaran melalui infocus dengan menampilkan slide-slide yang mampu menunjang
kefahaman siswa, selain itu juga dengan metode diskusi antar kelompok saling
mengeluarkan pendapat dan diakhir diskusi guru menyampaikan koreksi dan
apresiasi siswa tentang materi yang dipelajari.
c) Cara
pembelajaran dengan diskusi, dengan penayangan vidio melalui infocus, selain
itu juga ditunjang dengan kitab kuning ”Minhajul Abidin” sehingga lebih
memperkaya wawasan saya dan teman-teman terutama tentang materi akhlak Tasawuf
yang sedang kami pahami tentang kegunaan dan aplikasinya.
3) Menyenangkan
ataukah membosankan dalam proses penyampaian yang disampaikan guru Akidah
Akhlaq tersebut?
a) Menyenangkan
sekaligus menegangkan karena guru Akidah Akhlaq sangat lugas, tegas dan jelas,
sehingga siswa cenderung pasif. Dengan wibawanya karena guru akidah akhlaq
tersebut juga sebagai pengasuh di pondok pesantren Madinatunnajah, siswa sangat
senang karena sadar bahwa pembelajaran akidah akhlaq mencakup pembelajran yang
sangat dibutuhkan oleh masing-masing siswa.
b) Menyenangkan
karena penyampaiannya dengan berbagai media, contohnya seperti penampilan slide
berisikan gambar-gambar, materi dan lainnya melalui nfocus sehingga siswa lebih
terfokus karena penyajian materi yang sangat menarik.
c) Menyenangkan
dengan rasa ingin tau tentang materi
akidah akhlaq sangat besar diantara siswa karena siswa sangat sadar ilmu ini
sangat dibutuhkan untuk bertingkah laku dan berprilaku. Selain itu dengan
penyajian yang sangat menarik dengan penyajian slide berupa vidio dan lainnya
penunjang pembelajaran sehingga menambah kesan menyenangkan dalam pembelajaran
tersebut.
C. Kesimpulan
Dengan mengadakan observasi, menambah wawasan
tentang keadaan pembelajaran di MA Madinatunnajah Kota Cirebon. Dengan
kompetensi guru yang mumpuni dalam materi maupun penyampaiannya, sehingga
pembelajaran berlangsung dengan epektif dan efesien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar