1. Pengertian Sejarah Pendidikan Islam
a. Pengertian Sejarah
Kata sejarah
secara etimologi dapat diungkapkan dalam bahasa Arab yaitu Tarikh, sirah atau
ilmu tarikh, yang maknanya ketentuan masa atau waktu, sedang ilmu tarikh
berarti ilmu yang mengandung atau yang membahas penyebutan peristiwa dan
sebab-sebab terjadinya peristiwa tersebut. Dalam bahasa inggris sejarah dapat
disebut dengan history yang berarti uraian secara tertib tentang
kejadian-kejadian masa lampau (orderly
descriphon of past even).
Adapun secara
terminologi berarti sejumlah keadaan dan peristiwa yang terjadi di masa lampau
dan benar-benar terjadi pada diri individu dan masyarakat sebagaimana
benar-benar terjadi pada kenyataan-kenyataan alam dan manusia. Sedangkan
pengertian yang lain sejarah juga mencakup perjalanan hidup manusia dalam
mengisi perkembangan dunia dari masa ke masa karena sejarah mempunyai arti dan
bernilai sehingga manusia dapat membuat sejarah sendiri dan sejarah pun
membentuk manusia.
b.
Pengertian Pendidikan Islam
Pendidikan Islam yaitu suatu proses
bimbingan dari pendidik terhadap perkembangan jasmani, rohani, dan akal peserta
didik ke arah terbentuknya pribadi muslim yang baik. Karena ia merupakan
sebagai alat yang dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan
perkembangan hidup manusia (sebagai makhluk pribadi dan sosial) kepada titik
optimal kemampuannya untuk memperoleh kesejateraan hidup di dunia dan
kebahagiaan hidup di akhirat. Dalam hal ini, maka kedayagunaan pendidik sebagai
alat pembayaran sangat bergantung pada pemegang alat kunci yang banyak
menentukan keberhasilan proses pendidikan, yang telah berkembang di berbagai daerah
dari sistem yang paling sederhana menuju sistem pendidikan islam yang modern.
Dalam perkembangan pendidikan islam didalam sejarahnya menunjukan perkembangan
dalam subsistem yang bersifat operasional dan teknis terutama tentang metode,
alat-alat dan bentuk kelembagaan adapun hal yang menjadi dasar dan tujuan
pendidikan islam tetap dapat dipertahankan sesuai dengan ajaran islam dalam
Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Pendidikan Islam menurut Zakiah
Drajat merupakan pendidikan yang lebih banyak ditunjukkan kepada perbaikan
sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, baik bagi keperluan diri
sendiri maupun orang lain yang bersifat teoritis dan praktis.
Dari berbagai pengertian pendidikan
islam dapat kita simpulkan bahwa pendidikan islam adalah proses bimbingan dari
pendidik yang mengarahkan anak didiknya kepada perbaikan sikap mental yang akan
terwujud dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi muslim yang baik.
c. pengertian sejarah pendidikan islam
Dari pengertian sejarah dan
pendidikan islam maka dapat dirumuskan pengertian tentang sejarah pendidikan
islam atau tarihut Tarbiyah islamiyah dalam buku Zuhairini yaitu:
1.
keterangan mengenai pertumbuhan
dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu yang lain, sejak zaman
lahirnya islam sampai dengan masa sekarang.
2. Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan
perkembangan pendidikan islam, baik dari segi ide dan konsepsi maupun segi
institusi dan operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad saw sampai sekarang.
Dra.
Hasbullah merumuskan bahwa sejarah pendidikan islam yaitu:
1. catatan peristiwa tentang pertumbuhan dan
perkembangan pendidikan islam dari sejak lahirnya sampai sekarang.
2. Suatu cabang ilmu pengetahuan yang
berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam baik dari segi
gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga maupun opersinalisasi sejak zaman nabi
Muhammad hingga saat ini.
Dari dua
sumber yang merumuskan sejarah pendidikan islam dapat disimpulkan bahwa kedua
penjelasan memiliki maksud yang sama yaitu peristiwa atau cabang ilmu
pengetahuan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dari segi
ide, konsep, lembaga operasionalisasi dari sejak zaman nabi Muhammad saw sampai
sekarang.
2. Tujuan mempelajari sejarah pendidikan islam
Adapun tujuan dalam mempelajari sejarah pendidikan islam
di antaranya yaitu :
·
Untuk mengetahui latar belakang
lahirnya pendidikan islam
·
Mengetahui apa yang di maksud
dengan Sejarah Pendidikan Islam
·
Mengetahui perkembangan
Pendidikan Islam
·
Untuk mengetahui langkah –
langkah yang di tempuh oleh tokoh – tokoh pendidikan islam
·
Mengetahui upaya – upaya dan
gerakan – gerakan pembaharuan yang di lakukan pendidikan islam serta mengetahui
kekuatan dan kelemahan dalam penyelenggaraan pendidikan islam.
3. kegunaan mempelajari sejarah pendidikan islam
Sejarah pendidikan islam memiliki kegunaan
tersendiri diantaranya sebagai faktor keteladanan, cermin, pembanding, dan
perbaikan keadaan. Sebagai faktor keteladanan dapat dimaklumi karena al-Qur’an
sebagai sumber ajaran islam banyak mengandung nilai kesejarahan sebagai
teladan. Hal ini tersirat dalam Al-Qur’an :
لقد كان لكم فى رسول الله أسوة حسنة…..
Sesungguhnya
telah ada pada diri Rosulullah itu suri tauladan yang baik bagimu sekalian ….(
Q.S. Al-Ahzab: 21)
قل إن كنتم تُحِبُّون اللهَ فأتَّبِعونى
يحببكم الله …..(31)
Katakanlah: “jika kamu
(benar-benar)mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan
mengampuni dosa-dosamu”……(Q.S. Ali-Imran:31)
…… واتَّبعوهُ لعلّكم تهتدون (158)
…. Dan ikutilah dia, supaya kamu
mendapat petunjuk (Q.S Al-A’raaf:158)
Sebagai cermin ilmu sejarah berusaha
menafsirkan pengalaman masa lampau manusia dalam berbagai kegiatan. Akan tetapi
sejalan dengan perkembangan bahwa tidak semua kagiatan manusia berjalan mulus
terkadang menemukan rintangan-rintangan tertentu sehingga dalam proses
kegiatannya mendapat sesuatu yang tidak diharapkan, maka kita perlu bercermin
atau dengan kata lain mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian masa lampau
sehingga tarikh itu bagi masa menjadi cermindan dapat diambil manfaatnya khususnya
bagi perkembangan pendidikan islam.
Sebagai pembanding, suatu peristiwa
yang berlangsung dari masa ke masa tentu memiliki kesamaan dan kekhususan.
Dengan demikian hasil proses pembanding antara masa silam, sekarang, dan yang
akan datang diharapkan dapat memberi andil bagi perkembangan pendidikan islam
karena sesungguhnya tarikh itu menjadi cermin perbandingan bagi masa yang baru.
Sebagai perbaikan, setelah berusaha
menafsirkan pengalaman masa lampau manusia dalam berbagai kegiatan kita
berusaha pula untuk memperbaiki keadaan yang sebelumnya kurang konstruktif
menjadi lebih konstruktif.
Adapun kegunaan sejarah pendidikan
islam yang bersifat akademis diharapkan dapat :
1.
Mengetahui dan memahami
pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam, sejak zaman lahirnya sampai masa
sekarang.
2.
Mengambil manfaat dari proses
pendidikan islam, guna memecahkan problematika pendidikan islam pada masa kini.
3.
Memiliki
sikapn positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan sistem
pendidikan islam.
Selain itu
sejarah pendidikan islam akan mempunyai kegunaan dalam rangka pembangunan dan
pengembangan pendidikan islam. Dalam hal ini, sejarah pendidikan islam akan
memberikan arah kemajuan yang pernah dialami sehingga pembangunan dan
pengembangan itu tetap berada dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar