Jumat, 22 Juli 2016

Unsur-Unsur Tulisan Ilmiah dan contoh Ragang Tulisan MK. Karya Tulis Ilmiah



Unsur-Unsur Tulisan Ilmiah
1.    Contoh ( perwujudan )
a)    Paragraf contoh bentuk deduktif
Menuju neurosains pendidikan (ilmu saraf pendidikan) itu ada empat yaitu: neurosains pelopor revolusi kecerdasan, neurosains vs doktrin pembelajaran, Otak dan pendidikan yang terdapat sepuluh hukum dasar otak yang relevan dengan dunia pendidikan, khususnya pembelajaran. Kesepuluh hukum tersebut yaitu: unik, khusus, sinergitas, hemisferik dan dominasi otak kanan-kiri, verba-grafis, plastisitas sel saraf, imajinasi dan empiris, simultanitas, simbiosis, otak laki-laki dan otak perempuan. Yang teakhir yaitu neurosains pendidikan.

b)   Paragraf contoh bentuk induktif
Sudah selayaknya guru dan orang tua memahami cara kerja dan perkembangan alamiah otak pada anak-anak. Dengan pengetahuan ini guru dan orang tua dapat memberikan stimulus untuk merangsang perkembangan otak anak sehingga potensi alamiahnya tumbuh dan berkembang. Untuk menjadikan guru maupun orang tua paham terhadap perkembangan otak anak-anak dengan melakukan upaya neurosains pendidikan atau ilmu saraf pendidikan.

2.    Kontras ( perbedaan )
a)    Paragraf kontras bentuk deduktif
Steve Biddulph dalam bukunya mendidik anak dengan cinta, membedakan cinta dalam dua jenis cinta lembut dan cinta tegas. Cinta lembut adalah kemampuan untuk bersikap relaks, hangat,dan penuh perhatian dengan meluangkan waktu untuk anak-anak sehingga anak merasa nyaman dan perasaan cinta akan mengalir dengan sendirinya. Cinta tegas adalah kemampuan untuk bersikap baik sekaligus tegas terhadap anak-anak dalam membuat aturan yang jelas sekaligus memberlakukannya tegas, sikap tegas ingin mencintai yang bertolak dengan sikap dingin dan kaku.
b)   Paragraf kontras bentuk induktif
Seorang anak akan menjadi penyejuk hati jika ia tumbuh menjadi anak yang taat menjalankan perintah-perintah Allah dan tekun beribadah. Apabila anak dibesarkan dalam suasana rumah yang penuh dengan kebencian dan kedengkian, akan melahirkan watak yang mudah tersinggung dan cepat marah. Mendidik anak itu harus dengan cinta. Cinta disini terbagi menjadi dua, cinta lembut sebagai naluri asli orang tua terhadap anaknya dan cinta tegas sebagai bentuk kecintaan yang terarah agar anak patuh.

3.    Proses
a)    Paragraf proses bentuk deduktif
Pertumbuhan sebelum lahir telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Mu’minun (23): 12-14. Ayat tersebut menggambarkan bahwa dalam proses penciptaan manusia di dalam kandungan telah terjadi pertumbuhan jasmani pada diri seorang anak. Diantara pertumbuhan anak yang terkandung dalam ayat tersebut yaitu: sperma atau air mani menjadi segumpal darah, menjadi segumpal daging, menjadi tulang belulang, dibungkus dengan daging dan menjadi makhluk atau bayi.
b)   Paragraf proses bentuk induktif
Sebelum menjadi bayi manusia itu berasal dari sperma atau air mani yang kemudian menjadi segumpal darah, lalu menjadi segumpal daging, kemudian menjadi tulang-tulang yang dibungkus menjadi segumpal daging dan barulah menjadi makhluk atau bayi. Pertumbuhan sebelum lahir sesuai dengan penjelasan ayat Al-Qur’an surah Al-Mu’minun ayat 12-14, ayat yang menjelaskan telah terjadi pertumbuhan  jasmani pada diri seorang anak.

RAGANG TULISAN
TOPIK     : Memangkas Tamak
JUDUL    : Suri Tauladan hidup jauh dari tamak
TUJUAN  : Mengenalkan kesederhanaan yang dicontohkan dalam kehidupan Rasulullah dan para sahabat.
BAB I Pendahuluan : 
·         Latar Belakang Masalah
·         Rumusan Masalah
·         Tujuan Penulisan
BAB II Pembahasan :
1.      Pengertian Tamak
2.      Kisah hidup Rasulullah SAW yang sanagat sederhana
3.      Kisah khulafaur Raisyiddin dan para Sahabat yang sederhana
4.      Balasan bagi orang yang tamak
BAB III Penutup :
·         Kesimpulan
·         Saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar